Tuesday, March 31, 2009

MAKALAH TEORI EKONOMI MAKRO TERHADAP ANALISIS KESEIMBANGAN






BAB I 
PENDAHULUAN
      A .   Latar Belakang

Teori ekonomi makro adalah bidang ilmu ekonomi yang mengkaji fenomena perekonomian secara menyeluruh atau luas misalnya inflasi, pengangguran dan pertumbuhan ekonomi. Ekonomi makro merupakan pengetahuan ekonomi yang bersifat agregatif dan me-nampilkan teori-teori ekonomi makro yang sangat mendasar.
Ilmu ekonomi makro mempelajari variabel-variabel ekonomi secara agregat (keseluruhan). Variabel-variabel tersebut antara lain : pendapatan nasional, kesempatan kerja dan atau pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pem-bayaran internasional. Dalam ekonomi makro, dikenal adanya masyarakat konsumen, masyara-kat produsen, dan pasar agregatif yang terbentuk dari permintaan agregatif dan penawaran agregatif. Selain itu, kita mengenal variable pengeluaran konsumsi nasional yang dilakukan seluruh konsumen, variable pengeluaran investasi nasional, dan juga harga-harga umum atau indeks harga.
 Ilmu ekonomi makro mempelajari masalah-masalah ekonomi utama sebagai berikut :
·    Sejauh mana berbagai sumber daya telah dimanfaatkan di dalam kegiatan ekonomi. Apabila seluruh sumber daya telah dimanfaatkan keadaan ini disebut full employment. Sebaliknya bila masih ada sumber daya yang belum dimanfaatkan berarti perekonomian dalam keada-an under employment atau terdapat pengangguran/belum berada pada posisi kesempatan kerja penuh.
·    Sejauh mana perekonomian dalam keadaan stabil khususnya stabilitas di bidang moneter. Apabila nilai uang cenderung menurun dalam jangka panjang berarti terjadi inflasi. Sebalik-nya terjadi deflasi.
·    Sejauh mana perekonomian mengalami pertumbuhan dan pertumbuhan tersebut disertai dengan distribusi pendapatan yang membaik antara pertumbuhan ekonomi dan pemerata-an dalam distribusi pendapatan terdapat trade off maksudnya bila yang satu membaik yang lainnya cenderung memburuk.
     B.   Rumusan Masalah 
       Menjelaskan Keseimbangan Ekonomi Tiga Sektor
       Menjelaskan Keseimbangan Perekonomian terbuka
        Menjelaskan Keseimbangan Ekonomi AD-AS
      C.   Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dan kesimbangan Perekonomian Indonesia khususnya dari segi Ekonomi Makro yang meliputi Keseimbangan Ekonomi tiga Sektor, Perekonomian terbukan dan Ekonomi AD-AS. Penulisan Makalah ini juga bisa menjadi referensi untuk penulisan Makalah kedepannya dan sebagai sumber ilmu pengetahuan bagi pembaca. Selengkapnya Download Konfirmasi Password Makalah di 085255631703 Kode Makalah 05