Friday, May 1, 2009

MAKALAH SISTEM INFORMASI PEMERINTAHAN





 

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah memberikan kesempatan dalam mengerjakan makalah ini sehingga dapat tersusun dengan rapi. Makalah ini berjudul “Sistem Informasi Pemerintahan” yang di bawakan oleh Dosen …… dalam mata kuliah …..
Saya selaku penulis makalah ini sadar bahwa di dalam makalah ini masih tersimpan banyak kesalahan. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pemabaca demi kesempurnaan makalah ini. Dan saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman yang membantu saya serta dosen pembimbing yang mengajarkan mata kuliah ini.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kian pesat, hal tersebut dapat kita lihat dan kita rasakan di sekeliling kita secara langsung maupun tidak langsung. Perkembangan tersebut tengah berdampak pada segala aspek kehidupan manusia.
Salah satu jenis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah perkembangan dunia komputerisasi, satu diantaranya adalah kemajuan Sistem Informasi Manajemen dalam bidang pemerintahan. Hampir tidak ada batas ruang dan waktu sehubungan dengan Sistem Informasi Manajemen tersebut, informasi dari tempat yang jauh secara fisik dapat dengan cepat dan mudah diketahui oleh kita. Melalui Sistem Informasi Manajemen berbasis teknologi informasi pekerjaan menjadi mudah, efektif dan efisien.

B. Tujuan

Sistem informasi dalam bidang pemerintahan (E-government) mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government).

C. Rumusan Masalah

1. Menjelaskan system informasi pemerintahan
2. Membahas tentang pemanfaatan System Informasi Pemerintahan
3. Membahas tentang Pedoman keamanan sistem informasi untuk instansi pemerintah.

Selengkapnya Download Konfirmasi Password Makalah di 085255631703 Kode Makalah 12