Friday, May 1, 2009

MAKALAH PENERAPAN TEORI EKONOMI MIKRO





 

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempatan dalam penulisan makalah ini sehingga berjalan dengan lancar. Makalah ini berjudul “Pengantar Teori Ekonomi Mikro”.
Semoga Ilmu dalam Makalah yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi diri saya pribadi dan utamanya bagi pembaca. Demi kesempurnaan Makalah ini saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Dan kepada Bapak dosen yang mengajarkan mata kuliah ini saya ucapkan terima kasih

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Dalam era globalisasi di mana persaingan menghendaki produktivitas dan efesiensi yang berlaku sesuai dengan standar internasional, maka dalam teori ini dapat memberikan peralatan analisis yang ampuh untuk mengkaji produktivitas dan efesiensi, terhadap penawaran dan permintaan, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran dan sebagainya . Selain itu, peralatan analisis yang sama juga dapat digunakan untuk mempelajari struktur biaya produksi sehingga berguna bukan hanya dalam penentuan harga input, tetapi juga harga output (pricing policy), dan berbagai pertimbangan teknis ekonomis, seperti skala ekonomis dan (economies of scale) dan skop ekonomis (economies of scope), elastisistas substitusi, dan kemajuan teknologi yang sangat memengaruhi semua pertimbangan input-output dan penentuan harga.


B. Tujuan


Salah satu tujuan ekonomi mikro adalah menganalisa pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga relatif kepada produk dan jasa, dan alokasi dari sumber terbatas diantara banyak penggunaan alternatif. Ekonomi mikro menganalisa kegagalan pasar, yaitu ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien; serta menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna. Bidang-bidang penelitian yang penting dalam ekonomi mikro, meliputi pembahasan mengenai keseimbangan umum (general equilibrium), keadaan pasar dalam informasi asimetris, pilihan dalam situasi ketidakpastian, serta berbagai aplikasi ekonomi dari teori permainan. Juga mendapat perhatian ialah pembahasan mengenai elastisitas produk dalam sistem pasar.

C. Rumusan Masalah

1. Menjelaskan Asumsi Dan Definisi Teori Ekonomi Mikro
2. Menjelaskan Model Operasi Ekonomi Mikro
3. Menjelaskan Istilah “kegagalan pasar” dalam Ekonomi Mikro
4. Menjelaskan Penerapan teori Ekonomi Mikro

Selengkapnya Download Konfirmasi Password Makalah di 085255631703 Kode Makalah 09