Tuesday, April 28, 2009

MAKALAH MANUSIA ADALAH MAKHLUK SOSIAL





 

Kata Pengantar
Dengan ungkapan rasa syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan waktu luangnya untuk menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Manusia Adalah Makhluk Sosial” .


Hati nurani setiap manusia membutuhkan sebuah lingkungan, teman, dan perangkat-perangkat sosial lainnya. Jika sebuah komunitas sosial sudah terbentuk, maka secara intuitif, komunitas tersebut merindukan sebuah tatanan yang mengikat dan yang membebaskan sekaligus. Bebas sebagai individu yang sempurna dan terikat karena ia juga include dalam tatanan yang disepakati bersama. Itulah sekilas gambaran dalam pembahasan makalah ini.

Saya selaku penulis sadar kalau dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran dari pembaca.



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Manusia dijadikan Allah SWT sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lain. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berusaha mencari karunia Allah yang ada dimuka bumi ini sebagai sumber ekonomi. Allah SWT berfirman dalam surat Az Zumar ayat 39
Artinya : “Dan Carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu(kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuatbaiklah (kepada orang lain) sebagai mana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.”(QS Az Zumar : 39)
Makna yang tersirat dari ayat di atas adalah Allah SWT menciptakan manusia dimuka bumi ini untuk saling membantu atau saling melengkapi sehingga tak ada manusia di muka bumi ini yang mampu hidup sendiri tanpa ada bantuan dari orang lain atau pun makhluk Allah yang lainnya.



 
B. Tujuan
Salah satu tujuan mempelajari hubungan manusia dengan manusia yang lainnya atau makhluk Allah yang lainnya (Manusia Sebagai Makhluk Sosial) adalah untuk mempererat hubungan silaturahmi antar umat manusia yang ada di muka bumi ini.Serta menyadarkan kita agar selalu mendekatkan diri kepada sang Khalik agar hidup kita lebih ter arah menuju masa depat yang cerah.
C. Rumusan Masalah
1. Menjelaskan Manusia sebagai makhluk sosial dan berbudaya?
2. Menjelaskan Manusia sebagai Makhluk individu dan Sosial?
3. Menjelaskan Modernisasi Sebagai Kasus Perubahan Sosial dan Kebudayaan?

 Jika Anda ingin mendapatkan makalah ini dengan sempurna maka silahkan anda mendownloadnya disini. Setelah itu konfirmasi Kode makalah (kode: 03) via sms kirim ke No Hp di bawah ini:

085255631703

kode makalah: 03

Sekedar menghargai Jasa Pembuat Malakah maka kami menukarkan password Makalah dengan Pulsa. Jumlahnya kami tidak tentukan sesuai dengan keikhlasan anda. Terima Kasih atas partisipasinya.

No comments: