Saturday, May 2, 2009

MAKALAH PELUANG DAN TANTANGAN GEOSTRATEGI WAWASAN NUSANTARA






BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Hakikat wawasan nusantara adalah cara pandang yang utuh dan menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional Indonesia. Pengertian secara lengkap wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan dengan tetap menghargai dan menghormati kebhinekaan di dalam setiap aspek kehidupan nasional untuk mencapai tujuan nasional Indonesia.

Negara Indonesia adalah Negara maritime akan tetapi hampir seluruh kebijaksanaan pemerintah pusat dan daerah ataupun kebijaksanaan yang sifatnya sektoral belum ada yang mencerminkan bahwa Negara kita adalah Negara maritime, yang berarti kesadaran akan ruang dalam upaya meningkatkan dan mempertahankan kepentingan nasional belum dilandasi oleh kepentingan ruang. Banyak sekali potensi yang dapat digali dan dimanfaatkan.

Pada intinya wawasan nusantara mengisyaratkan perwujudan kesatuan politik ,ekonomi,sosial budaya dan hankam sebagai psasyarat seutuhnya. Setelah persyaratan dipenuhi maka diperlukan satu metode umum atau strategi guna mewujudkan cita-cita diatas. Metode tersebut dinamakan geostrategi, yaitu satu strategi dalam memanfaatkan semua kondisi lingkungan untuk mewujudkan cita- cita nasional.

Geostategi dirumuskan dalam bentuk ketahanan nasional yang unsur-unsur utamanya terdiri dari kualita keuletan dan kualita kekuatan /ketangguhan. Keuletan merupakan satu keadaan yang menunjukkan adanya kebersamaan diantara sesama komponen yang dijiwai oleh semangat kekeluargaan. Keuletan diperlukan dalam menghadapi tantangan / tekanan yang masuk dari luar. Tanpa adanya kualita keuletan maka jaringan sosial masyarakat akan retak atau bahkan putus.

Kekuatan atau ketangguhan untuk berkembang merupakan kualita kemampuan yang harus dimiliki setiap masyarakat bangsa, sebab kebutuhan dan kepentingan meningkat setiap saat sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk maupun tingkat kesejahteraannya. Kekuatan atau ketangguhan merupakan kemampuan untuk tumbuh dan berkembang dari masyarakat bangsa ke arah tata kehidupan yang lebih baik di kemudian hari. Dalam makalah ini akan mencoba mengkaji tentang peluang dan tantangan wawasan nusantara dilihat dari geostrategi.

B. Rumusan Masalah

Posisi geografi Indonesia yang berada diantara dua benua dan dua samudra serta berbatasan dengan 10 negara, merupakan negara kepulauan yang besar dengan letak pulau-pulaunya yang menyebar ,berjumlah 17.504 pulau bernama dan tidak bernama dengan peyebaran penduduk yang tidak merata dan kepadatan penduduk yang tidak merata terpusat di pulau jawa. Indonesia juga terdiri dari beraagam suku bangsa dengan bahasa dan adat istiadat yang berbeda yang menjadikan bangsa Indonesia begitu beranekaragam . Kesemua ini merupakan keuntungan bagi bangsa Indonesia tetapi terkadang menimbulkan kerawanan bagi Indonesia khususnya jika dikaji hubungan geostrategi Indonesia dengan wawasan nusantara. Menghubungkan antara masalah apa saja yang mungkin terjadi dengan kemajemukan bangsa Indonesia, wilayah Indonesia yang berupa kepulauan yang 2/3 luas wilayahnya adalah lautan dan beberapa diantaranya masih belum jelas batasnya dengan wilayah negara tetangga serta bagaimana dengan wilayah Indonesia yang berada di perbatasan atau daerah frontier dan pulau-pulau yang masih tak berpenghuni apakah akan terjadi hal sama pada kasus pulau Sipadan dan Linggitan jika Indonesia tidak tegas dengan batas-batas wilayahnya . Dari sini dapat dilihat langkah apa saja yang seharusnya Indonesia lakukan bukan hanya menunggu sampai semuanya menghilang satu persatu dan dengan masalah yang sama, kapan Indonesia akan sadar akan sumberdaya alamnya yang seharusnya telah didepositkan segera ke PBB untuk mendapatkan pengakuan yurisdiksi dari Internasional tentang batas-batas wilayah Indonesia sehingga tidak diserobot oleh negara lain walaupun negara tetangga yang masih satu rumpun dengan Indonesia. Dari sini maka dapat ditarik beberapa pertanyaan yang memungkinkan menjadi permasalahan yang akan terjadi bila tidak diselesaikan dengan baik.
1. Apakah peluang wawasan nusantara hubungannya dengan geostrategi bangsa Indonesia ?
2. Apakah tantangan wawasan nusantara hubungannya dengan geostrategi bangsa Indonesia ?
3. Apa tindakan yang harus dilakukan bangsa Indonesia untuk mengamankan ketahanan nasional hubungannya dengan wawasan nusantara kepulauan Indonesia ?
4. Bilamana terjadi kasus serupa seperti halnya sipadan dan linggitan maka upaya apa yang seharusnya dilakukan Indonesia untuk mengatasinya ?

Selengkapnya Download Konfirmasi Password Makalah di 085255631703 Kode Makalah 14