Wednesday, May 13, 2009

MAKALAH MENGATASI KEMACETAN TRANSPORTASI DARAT DI KOTA-KOTA BESAR

STUDI AWAL MANAJEMEN PARKIR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGURANGI KEMACETAN LALU LINTAS DI SEKITAR UNIVERSITAS KRISTEN PETRA





BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Kebutuhan bergerak dari suatu tempat ke tempat lainnya merupakan suatu kebutuhan dalam kehidupan manusia. Perpindahan manusia tersebut didasari kenyataan bahwa sumber kehidupan manusia tidak terdapat di sembarang tempat. (Warpani, 1990:4). Untuk itu diperlukan sarana ataupun prasarana transportasi guna mendukung pergerakan manusia dalam pemenuhan kebutuhannya. Transportasi sangat penting peranannya dalam menghubungkan daerah yang menjadi sumber bahan baku atau daerah produksi dengan daerah yang membutuhkan akan suatu bahan atau hasil produksi (konsumen). Seiring dengan perkembangan manusia, maka semakin berkembang pula kegiatan manusia yang secara otomatis menyebabkan pertambahan intensitas pergerakannya. Kegiatan pergerakan ini disebut kegiatan perangkutan, yaitu kegiatan yang terjadi karena adanya perpindahan manusia dan barang dari suatu tempat ke tempat lain (Morlock,1991:5).

Bentuk perpindahan manusia atau barang tersebut secara fisik dapat dilihat dari besarnya hubungan lalu lintas melalui suatu prasarana penghubung yang disebut dengan jalan. Oleh sebab itu, jalan sebagai prasarana perangkutan diharapkan dapat menampung semua kendaraan yang melintas dan memberikan pelayanan yang baik bagi semua pengguna jalan. Jadi transportasi berfungsi sebagai sektor penunjang pembangunan (The promoting sector) dan pemberijasa (The servicing sector) bagi perkembangan ekonomi (Nasution, 1987:12).

1.2       Rumusan Masalah
1.    Menjelaskan Faktor terjadinya Kemacetan
2.    Menjelaskan Metode dalam Mengurangi Kemacetan
3.    Menjelaskan Kebijakan Pemerintah sebagai suatu Solusi Mengurangi Kemacetan

1.3      Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini untuk mengetahui sejauhmana tingkat kemacetan yang terjadi di kota-kota besar, bagaimana mengurangi kemacetan tersebut dan untuk mengetahui sejauh mana peranan pemerintah dalam menangani kemacetan. Tulisan ini juga bisa menjadi acuan dalam penulisan makalah atau karya tulis ilmiah kedepannya.
Selengkapnya Download Konfirmasi Password Makalah di 085255631703 Kode Makalah 18