Sunday, May 17, 2009

MAKALAH SEJARAH AWAL TEORI PEMBENTUKAN TATA SURYA





 

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah yang maha kuasa karena dengan limpahan rahmat dan kesehatan yang diberikan sehingga pada kesempatan ini saya mencoba untuk menyusun makalah yang berjudul “SEJARAH AWAL TEORI PEMBENTUKAN TATA SURYA”.
Saya selaku penulis sangat berterima kasih kepada teman-teman yang membantu saya dalam penulisan makalah ini dan juga kepada dosen saya yang telah memberikan bimbingan kepada saya dalam hal pembuatan makalah ini yang menjadi tugas kuliah saya serta kewajiban saya selaku mahasiswa dalam menuntut ilmu.
Saya sadar dengan keterbatasan ilmu yang saya miliki dan referensi yang saya gunakan belum terlalu lengkap. Oleh karena itu, apabila dalam makalah ini ada kesalahan maka saya sangat mengahargai kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah saya selanjutnya.

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG

Sebuah teori lahir dari keingintahuan akan suatu kejadian atau keadaan. Tidak mudah untuk mempercayai sebuah teori baru, apalagi jika teori tersebut lahir ditengah kondisi masyarakat yang memiliki kepercayaan yang berbeda. Tapi itulah kenyataan yang harus dihadapi oleh para ilmuwan di awal-awal penemuan mereka.
Hal utama yang dihadapi untuk mengerti lebih jauh lagi tentang Tata Surya adalah bagaimana Tata Surya itu terbentuk, bagaimana objek-objek didalamnya bergerak dan berinteraksi serta gaya yang bekerja mengatur semua gerakan tersebut. Jauh sebelum Masehi, berbagai penelitian, pengamatan dan perhitungan telah dilakukan untuk mengetahui semua rahasia dibalik Tata Surya.
Pengamatan pertama kali dilakukan oleh bangsa China dan Asia Tengah, khususnya dalam pengaruhnya pada navigasi dan pertanian. Dari para pengamat Yunani ditemukan bahwa selain objek-objek yang terlihat tetap di langit, tampak juga objek-objek yang mengembara dan dinamakan planet. Orang-orang Yunani saat itu menyadari bahwa Matahari, Bumi, dan Planet merupakan bagian dari sistem yang berbeda. Awalnya mereka memperkirakan Bumi dan Matahari berbentuk pipih tapi Phytagoras (572-492 BC) menyatakan semua benda langit berbentuk bola (bundar).
Sampai dengan tahun 1960, perkembangan teori pembentukan Tata Surya bisa dibagi dalam dua kelompok besar yakni masa sebelum Newton dan masa sesudah Newton.

B. TUJUAN

Ilmu pengetahuan sangatlah penting bagi kita semua sebagai bekal di masa depan. Mengapa kita mesti mempelajari atau ingin mengetahui sejarah awal terbentuknya tata surya kita?? Salah satu tujuannya adalah menambah pengetahuan kita utamanya menyangkut dalam bidang sejarah yang di dukung teori-teori para ahli.
Sejarah masa lalu menyadarkan kita bahwa kita ternyata hidup di dunia ini dan belajar dari masa lalu. Tidak mungkin ada kehidupan sekarang sebelum ada kehidupan masa lalu tetapi bukan berarti kita harus melupakan yang masa lalu. Tata surya adalah benda benda langit termasuk tempat kita berpijar sekarang yang memberikan kita kehidupan.

C. RUMUSAN MASALAH

1. Bagaimana permulaan perhitungan ilmiah?
2. Apa teory pendukung para ahli ?
3. Bagaimana awal mula dipakainya teleskop ?
4. menjelaskan teory pembentukan tata syurya setelah newton?
5. menjelaskan teory pembentukan tatasyurya awal abad ke- 20?

Selengkapnya Download Konfirmasi Password Makalah di 085255631703 Kode Makalah 22