Saturday, June 6, 2009

MAKALAH PERANAN LEMBAGA NEGARA DALAM PELAKSANAAN KEDAULATAN NEGARA





 

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr.Wb
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan berkat rahmat dan petunjuknyalah sehingga kami dapat menyelesaikan kumpulan materi kuliah ini yang diberikan oleh dosen selama perkuliahan. Kiranya hal ini dapat menjadi bahan untuk mengulang materi kuliah yang telah diberikan selama proses perkuliahan.

Ucapan terimah kasih kami hanturkan kepada semua pihak yang telah memberikan masukannya dalam penyusunan makalah ini, semoga segala jasanya dibalas oleh Allah SWT. Kami sadar dalam makalah ini masih tersimpan banyak kekurangan di sebabkan oleh kurangnya referensi yang kami miliki dalam penyusunan makalah ini. Kami mohon Kritik dan saran dari pembaca jika menemukan kesalahan dalam makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amieen

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Salah satu unsur atau syarat yang harus dipenuhi untuk terbentuknya suatu negara adalah pemerintahan yang berdaulat atau kedaulatan. Istilah kedaulatan ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli kenegaraan berkebangsaan Perancis yang bernama Jeans Bodin (1539-1596). Menurut Jeans Bodin, kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi dalam suatu negara. Kedaulatan ini sifatnya tunggal, asli, dan tidak dapat dibagi-bagi. Tunggal berarti hanya ada satu kekuasaan tertinggi, sehingga kekuasaan itu tidak dapat dibagi-bagi. Asli berarti kekuasaan itu berasal atau tidak dilahirkan dari kekuasaan lain. Sedangkan abadi berarti kekuasaan negara itu berlangsung terus-menerus tanpa terputus-putus. Maksudnya pemerintah dapat berganti-ganti, kepala negara dapat berganti atau meninggal dunia, tetapi negara dengan kekuasaanya berlangsung terus tanpa terputus-putus.
Kedaulatan atau sovereignity adalah ciri atau atribut hukum dari negara, dan sebagai atribut negara sudah lama ada, bahkan ada yang berpendapat bahwa sovereignity itu mungkin lebih tua dari konsep negara itu sendiri (Dahlan Thaib, 1989: 9). Perkataan sovereignity (bahasa Inggris) mempunyai persamaan kata dengan Souvereneteit (bahasa Belanda) yang berarti tertinggi. Jadi secara umum, kedaulatan atau sovereignity itu diartikan sebagai kekuasaan tertinggi dalam suatu negara yang mempunyai wewenang untuk mengatur penyelenggaraan negara.
B. Rumusan Masalah

1. Apa itu Teori kedaulatan Negara?
2. Menjelaskan Macam-macam Sistem pemerintahan?
3. Menjelaskan Sistem Pemerintahan Indonesia?
4. Bagaimana Peran Lembaga Negara Sebagai Pelaksana Kedaulatan Rakyat?

C. Tujuan

Tujuan dalam penulisan makalah yang berjudul Teori Kedaulatan Negara ini adalah agar semua pembaca dapat memahami apa itu Negara serta kedaulatan-kedaulatan yang ada di dalamnya. Seberapa pentingkah mengetahui dua kata di atas “Negara” dan “Kedaulatan”?? tidak lain adalah sebagai tambahan ilmu dalam bidang kenegarahan dan bidang politik. Oleh karena itu, pembaca haruslah cermat dalam memahami tulisan dalam makalah ini.
Selengkapnya Download Konfirmasi Password Makalah di 085255631703 Kode Makalah 29