Thursday, July 2, 2009

MAKALAH SEJARAH PERJUANGAN MAHASISWA






BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Perjalanan panjang sejarah bangsa Indonesia sejak era sebelum dan selama penjajahan, dilanjutkan era merebut dan mempertahankan kemerdekaan sampai dengan mengisi kemerdekaan menimbulkan kondisi dan tuntunan yang berbeda-beda sesuai dengan zamannya. Dengan ini diharap bangsa Indonesia berdasarkan kesamaan nilai-nilai lejuangan bangsa yang dilandasi jiwa, tekad dan semangat kebangsaan. Semangat perjuangan bangsa yang tidak mengenal menyerah harus dimiliki oleh setiap Warga Negara Republik Indonesia khususnya kalangan Mahasiswa.
Semangat perjuangan bangsa Indonesia mengalami pasang surut sesuai dinamika perjalanan kehidupan yang disebabkan antara lain globalisasi yang ditandai dengan pesatnya perkembangan IPTEK. Khususnya dibidang informasi. Komunikasi dan tranfortasi, sehingga dunia menjadi transparan yang seolah-olah menjadi kampong sedunia tampa mengenal batas Negara. Kondisi ini menciptakan struktur kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta mempengaruhi pola pikir, sikap dan tindakan masyrakat Indonesia.
Semangat perjuangan Bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan dan menghadapi globalisasi, warga negara Indonesia perlu memiliki wawasan dan kesadaran bernegara, sikap dan perilaku cinta tana air serta mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka bela Negara demi utuh dan tegaknya serta berdaulatnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Nah disinilah sangat diperlukan peran mahasiswa sebagai kaum yang terpelajar, independen dan memiliki idealisme yang tinggi. Terbukti bahwa sitiap perubahan yang terjadi di negeri ini tidak lepas dari pergerakan dan peran mahasiswa, bahkan mahasiswa selalu tampil sebagai pemeran utama.

B. RUMUSAN MASALAH

Adapun rumusan masalah dari makalah ini adalah Bagaimana sejarah perjuangan mahasiswa periode 1908-1998?

C. TUJUAN

Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini adalah sabagai berikut:
1. Agar Mahasiswa dapat lebih memahami sejarah perjuangan mahasiswa di Indonesia era 1908-1998.
2. Mengembangkan wawasan mahasiswa tentang fenomena/masalah sosial yang terjadi di Indonesia.
3. Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh sertifikat Latihan Kepemimpinan Mahasiswa yang diadakan oleh BEM Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Selengkapnya Download Konfirmasi Password Makalah di 085255631703 Kode Makalah 34