Tuesday, October 19, 2010

MAKALAH STRUKTUR BAJA METODE PLASTIS







BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang 

Indonesia adalah daerah rawan gempa, oleh karena desain bangunan yang tahan gempa sangat diperlukan. Tata cara ketahanan gempa untuk bangunan gedung diatur dalam SNI 03-1726-2002. Di dalam SNI 03-1726-2002 dijelaskan mengenai ketentuan – ketentuan sebagai berikut; pengelompokan gedung beraturan, daktilitas struktur, pembebanan gempa nominal,wilayah gempa indonesia beserta respon spektrum gempa untuk masing masing wilayah, kinerja gedung, dan lain lain. Berdasarkan SNI 03-1726-02 pasal 4.5, pola keruntuhan yang diharapkan terjadi pada saat bangunan dikenai gempa adalah side sway mechanism yang artinya ketika struktur banguna tersebut memikul beban gempa rencana, sendi-sendi plastis hanya boleh terjadi pada ujung-ujung balok dan pada kaki kolom lantai dasar.
Ketentuan khusus perencanaan struktur baja untuk bangunan gedung diatur dalam SNI 03-1729-2002. Prinsip perencanaan yang dipakai adalah “Strong Column Weak Beam” yaitu dengan mendesain kapasitas kolom-kolomnya lebih kuat dari pada kapasitas balok. Dengan begitu pula pola ketentuan yang diharapkan terjadi adalah side sway mechanism. Konsep desain seperti ini dikenal dengan perencanaan menggunakan prosedur kapasitas (capacity design). Ketentuan perencanaan tahan gempa untuk struktur bangunan baja diatur dalam SNI 01-1729-02 pasal 15. Didalam pasal tersebut, dijelaskan mengenai persyratan desain yang meliputi kuat nominal lentur,kuat geser balok dan kolom,simpangan antar lantai,dan depormasi elastis pada suatu portal. Faktor-faktor inilah yang nantiya mempengaruhi kinerja bangunan secara keseluruhan dalam menerima beban gempa. 

B.  Rumusan Masalah 
1.    Menjelaskan Desain Struktur Baja (Perkenalan)
2.    Menjelaskan Struktur Statis Tertentu dan Statis Tak-tentu
3.    Menjelaskan tentang Kinematisme struktur
4.    Menjelaskan tentang Metode Perencanaan Konstruksi Baja 

C.  Tujuan Penulisan 
Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh struktur baja terhadap metode Plastis yang digunakan dalam suatu bangunan sehingga mampu memberikan ketahanan atau antisipasi terhadap gempa. Dan juga Sebagai bahan pelajaran bagi teman-teman yang lain.
Selengkapnya Download Konfirmasi Password Makalah di 085255631703 Kode Makalah 38