Tuesday, November 23, 2010

MAKALAH MANUSIA SEBAGAI MAHLUK ROHANI YANG MANUSIAWI

-->




 

KATA PENGANTAR
 
-->
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT. bahwa penulis telah menyelesaikan tugas mata Kuliah  dengan membahas Manusia Sebagai Makhluk Rohani yang Manusiawi dalam bentuk makalah. Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan teman-teman yang lain, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
  1. Ibu bapak Dosen yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada penulis sehingga penulis termotivasi dan menyelesaikan tugas ini. 
  2. Teman-teman yang telah turut membantu, membimbing, dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai.
Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai, Amiin.

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang 
Manusia dipandang sebagai makhluk social dimana karena manusia memiliki hubungan antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Manusia juga biasa disebut sebagai makhluk Rohani yang memiliki sifat yang beragam. Sifat inilah yang akan dinilai oleh manusia yang lain sebagai tolak ukur apakah manusia ini adalah manusia yang memang manusiawi atau manusia tetapi sifat yang dimiliki tidak sesuia dengan manusia yang sebenarnya (Berperilaku Binatang).
Disamping itu, manusia dikatakan Makhluk rohani karena memiliki perasaan terhadap sesama makhluk ciptaan Allah (Kata Hati). Perasaan inilah yang selalu berbisik dan sebagai pendorong perilaku manusia. Apa yang akan diperbuat terhadap manusia itu selalu terkoordinir dengan perasaan yang wujudnya tidak nampak (Rohani). 

B.  Rumusan Masalah 
1.    Menjelaskan tentang Gambaran Umum Manusia 
2.    Menjelaskan Arti Hidup bersikap baik terhadap sesama  
3.    Menguraikan Sikap Manusia sebagai makhluk Rohani yang manusiawi.



C.  Tujuan Penulisan
Untuk memberikan pemahaman kepada pembaca sejauh mana peranan manusia sebagai makhluk rohani yang manusiawi mampu mengaplikasikan kehidupannya. Juga memberikan pengertian dan gambaran umum tentang sifat manusia secara umum yang dikatakan sebagai makhluk rohani yang manusiawi. Selengkapnya Download Konfirmasi Password Makalah di 085255631703 Kode Makalah 39