Tuesday, April 5, 2011

MAKALAH PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP PERKEMBANGAN KOPERASI DAN UMKM DI INDONESIA







BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Secara umum globalisasi mengandung arti terbukanya ekonomi nasional bagi pengaruh negara-negara lain di seluruh dunia sejalan dengan kecenderungan terciptanya sebuah tata ekonomi dunia yang terbuka. Selanjutnya liberalisasi berarti pembebasan aktivitas ekonomi internasional dari segala bentuk hambatan yang ditetapkan melalui kebijakan nasional, baik berupa hambatan tarif maupun non-tarif. Untuk konteks di Indonesia, pengaruh globalisasi tampak dari kerangka kebijakan pemerintah seperti tampak pada: 1) penerapan sistem nilai tukar mengambang, 2) kebijakan investasi yang membuka diri bagi masuknya modal asing, 3) transfer teknologi dari luar negeri yang terus didorong oleh pemerintah, dan 4) pengembangan dan perluasan fungsi pasar modal.
Harus diakui bahwa globalisasi dapat membawa pengaruh positif bagi iklim bisnis di dalam negeri. Pengaruh positif ini yang semestinya terus didorong oleh pemerintah dalam pengembangan bisnis berskala besar maupun kecil. Setidaknya ada tiga pengaruh positif yang dihasilkan dari globalisasi atau terbukanya sistem ekonomi di Indonesia. Pertama, terciptanya tekanan dari pasar internasional sehingga pasar di dalam negeri dipaksa untuk semakin efisien dan kompetitif. Dengan membuka diri terhadap pasar internasional, para pengusaha dalam negeri akan mendapat tantangan langsung untuk menciptakan produk-produk barang maupun jasa yang lebih baik kualitasnya dengan harga yang lebih murah. Tentu saja efisiensi dan produktivitas akan menjadi kata kunci bagi pasar internasional yang semakin kompetitif. Kedua, globalisasi mendorong terjadinya perubahan struktur industri domestik. Dengan terbukanya sistem ekonomi, berbagai penghalang bagi terjadinya persaingan yang sehat akan dapat dapat terus dikurangi. Pasar internasional akan memaksa dibukanya berbagai bentuk proteksi terhadap segmen industri tertentu dan pada saat yang sama industri domestik akan semakin berorientasi pada ekspor. Apabila dikelola dengan baik, kecenderungan ini tentunya akan memacu pertumbuhan ekonomi yang cepat. Ketiga, globalisasi akan merangsang para pelaku usaha domestik untuk melakukan inovasi melalui aktivitas investasi dan perdagangan internasional. Tidak dapat dinafikan bahwa pembukaan pasar modal secara internasional, misalnya, akan membuat para pelaku usaha semakin memahami cara-cara berbisnis secara profesional dengan peluang untuk mendapatkan dana segar dari sumber-sumber internasional. Pengalaman berdagang secara internasional inilah yang akan menciptakan peluang-peluang inovasi diantara para pelaku usaha.

B.    Rumusan Masalah
1.   Menjelaskan Pengaruh Globalisasi terhadap persaingan di Pasar Domestik
2.   Menjelaskan Peranan Pemerintah dalam Meningkatkan Persaingan di Pasar Global.
3.   Menjelaskan Kebijakan Pemerintah yang Berpihak Kepada Koperasi dan UMKM.
4.   Menjelaskan Inovasi dalam Pemberdayaan Koperasi dan UMKM.

C.    Tujuan Penulisan
Untuk mengetahuai sejauh mana Pengaruh Globalisasi terhadap Perkembangan Koperasi dan UMKM di Indonesia dan juga bisa menjadi referensi untuk penulisan Makalah atau Karya tulis ilmiah. Selengkapnya Download Konfirmasi Password Makalah di 085255631703 Kode Makalah 49