Thursday, February 9, 2012

HARI VALENTINE MENURUT PANDANGAN ISLAM

Hari Valentine yang dikenal dengan hari kasih sayang yang biasanya jatuh pada tanggal 14 Februari begitu banyak yang merayakannya, tidak memandang lagi suku maupun agama. Padahal, seharusnya hari valentine ini dikhususkan kepada umat nasrani saja. Tetapi toh kenapa umat islam pun banyak yang merayakannya. Ini yang perlu dibahas sahabat blogger. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya;

1.  Memang karena ketidaktahuannya terhadap hukum merayakan velentine bagi umat islam
2.   Sudah tahu tapi memang disepelekan karena ada faktor lain yang mempengaruhinya. Inilah jyang perlu dikaji lebih mendalam.

Baiklah sahabat blogger berikut pandangan islam tentang hukum merayakan valentine;
Anda sebagai orang muslim perlu menyadari atau mengetahui, apakah kita akan mengikuti sesuatu yang jelas sumbernya bukan dari ajaran Islam?  

Firman Allah dalam surat Al-Isra ayat 36;
“Dan jangalah kamu megikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabnya”. (Surah Al-Isra : 36)”

Ayat di atas menyeruhkan kepada kita umat islam untuk mengetahui segala sesuatu itu dengan menggunakan panca indera yang dikendalikan oleh hati. Pengetahuan yang sampai pada taraf mengangkat isi dan hakikat sebenarnya. Bukan hanya sekedar dapat melihat atau mendengar. Bukan pula sekadar tahu sejarah, tujuannya, apa, siapa, kapan, bagaimana, dan di mana, akan tetapi lebih dari semua itu sahabat blogger. 
 
Islam sebenarnya melarang kita untuk mencontohi agama lain. Islam menyebut itu kafir dan seperti pokok bahasan kita merayakan hari valentine itu berarti kita kafir atau apa yang dilakukan itu di sebut bid’ah. 

Di perkuat lagi oleh Hadis Rasulullah SAW mengatakan seperti ini. “Barang siapa yang meniru atau mengikuti suatu kaum (agama) maka dia termasuk kaum (agama) itu”.

Juga dikatakan dalam Firman Allah SWT dalam Surah AL Imran (keluarga Imran) ayat 85 :“Barangsiapa yang mencari agama selain agama Islam, maka sekali-sekali tidaklah diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi”.
 
"VALENTINE" adalah nama seseorang paderi. Namanya Pedro St. Valentino. Pada tanggal 14 Februari 1492 pada hari itu jatuhnya Kerajaan Islam Spanyol. Paderi ini mengumumkan kalau pada hari itu dinyatakan sebagai hari 'kasih sayang' karena pada saat itu Islam adalah ZALIM!!!  Tumbangnya Kerajaan Islam Spanyol dirayakan sebagai Hari Valentine. Semoga sahabat blogger bisa mengambil pelajaran dari kutipan ini. Jadi, mengapa kita lagi yang ingin menyambut Hari Valentine ini padahal kita sudah tahu kalau hari itu adalah hari jatuhnya kerajaan Islam kita di Spanyol. 

Sebagai penutup marilah kita sadarkan diri dan mengambil manfaat dari tulisan ini. Salam blogger untuk kita semua. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog ini..!!!