Oleh
Unknown
Minggu, 01 Februari 2015
Bagikan :
Contoh Makalah Ekonomi | Makalah Studi Kelayakan Bisnis | Download Makalah Aspek Pasar dan Pemasaran
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dulu sebelum ilmu pemasaran berkembang dan dikenal secara luas seperti sekarang ini, setiap perusahaan berusaha untuk terlebih dahulu berproduksi sebanyak-banyaknya, baru kemudian berusaha menjualnya kembali. Perusahaan tidak peduli dengan kondisi permintaan yang ada, sehingga banyak di antara produsen mengalami kegagalan dan bahkan terus merugi.
Sekarang banyak produsen yang terlebih dahulu melakukan riset pasar dengan berbagai cara,misalnya dengan test pasar melalui pemasangan iklan,seolah-olah barangnya sudah ada. Tujuannya untuk melihat kondisi permintaan yang ada sekarang ini terhadap produk yang akan diproduksi, apakah mendapat tanggapan atau tidak dari calon konsumen, baik kualitas maupun harga. Dari hasil test pasar perusahaan sudah dapat meramalkan berapa besar pasar yang dapat diserap, bagaimana menyerap pasar yang ada, termasuk yang ada di tangan para pesaing. Seorang pemasar harus selalu tahu lebih dahulu pasar yang akan dimasukinya,seperti:
1. Ada tidak pasarnya
2. Seberapa besarnya pasar yang ada
3. Potensi pasar
4. Tingkat persaingan yang ada, termasuk besarnya market share yang akan direbut dan market share pesaing.
Setelah para pemasar memperoleh data kondisi pasar yang akan dimasuki, maka pemasar akan melakukan peramalan beberapa permintaan yang ada dan yang akan datang serta berapa besar pasar yang harus direbut. Kemudian barulah akan diproduksi sesuai dengan permintaan yang telah diramalkan.
Dalam kaitannya dengan studi kelayakan suatu usaha atau proyek, aspek pasar dan pemasaran sangat menentukan hidup matinya suatu perusahaan. Apabila aspek pasar tidak diteliti secara benar, bagaimana prosepeknya dimasa yang akan datang, bukan mustahil tujuan perusahaan tidak akan pernah tercapai.
B. Tujuan Pembelajaran
Adapun tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari penyusunan karya tulis ini, yakni :
Untuk memahami tujuan perusahaan dalam pemasaran.Untuk mengetahui pengertian pasar dan pemasaran.
Untuk mengetahui pengertian dan variabel utama segmentasi pasar, pasar sasaran dan posisi pasar.
Untuk mengetahui strategi bauran pemasaran (Marketing Mix)
Untuk menganalisis peramalan pemasaran dimasa yang akan datang.
Untuk mengetahui besarnya pasar nyata, poteni pasar dan total pasar dalam suatu wilayah atau dengan kata lain mengestimasi pasar.
[ KODE MAKALAH 23]
KONFIRMASI PASSWORD MAKALAH
Tag :
Makalah Ekonomi
0 Komentar untuk "Makalah Ekonomi | Contoh Makalah Aspek Pasar dan Pemasaran Studi Kelayakan Bisnis"
Terima kasih Anda sudah berpartisipasi dan meninggalkan komentarnya pada www.makalah-kita.blogspot.com. Kami sangat menghargai komentar anda. Silahkan kunjungi kembali http://www.makalah-kita.blogspot.com baca posting terbaru kami selanjutnya.
Hormat Saya,
yudhie