Oleh
Yudhie
Senin, 09 Mei 2016
Bagikan :
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Berkaitan dengan kreativitas yang dimiliki anak, kita juga dapat mengembangkannya melalui berbagai kecerdasan yang pada dasarnya dimiliki oleh setiap anak, diantaranya yang berkaitan dengan kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Ada berbagai cara untuk mengidentifikasi kecerdasan majemuk anak. Anda bisa datang ke psikolog dan minta untuk dilakukan tes terhadapnya. Masalahnya tes yang dilakukan umumnya berupa pertanyaan verbal dengan kunci jawaban yang standar. Hal ini bisa menjadi masalah jika si anak tidak mengerti benar pertanyaan yang diajukan karena berbagai alasan, misalnya perbedaan bahasa atau istilah yang digunakan, kondisi anak pada saat tes dilakukan (capek, ngantuk, marah) atau hambatan lain seperti spektrum autisme. Untuk mengatasi masalah tersebut, cara lain untuk mengukur kecerdasan majemuk anak adalah dengan melakukan tes sidik jari. Berbagai hasil riset dari para ahli dermatoglyphics (ilmu yang mempelajari pola kulit) menunjukkan bahwa sidik jari berhubungan erat dengan perkembangan sistem syaraf seseorang. Hasil tes sidik jari ini dipercaya jauh lebih akurat daripada tes verbal. Cara termudah (dan temurah) adalah dengan melakukan pengamatan sendiri terhadap anak Anda. Berhati-hatilah dalam melakukan pengamatan. Anak anda mungkin mendapat nilai jelek dan tidak suka pada pelajaran matematika, namun sebenarnya dia memiliki tingkat kecerdasan logika matematika yang tinggi. Nilai jelek hanya karena dia tidak suka dan tidak mengerti cara mengajar sang guru matematika.
B . Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini adalah:
- Agar mahasiswa mengetahui apa yang dimaksud dengan Multiple Intellegences
- Agar mahasiswa mengetahui teori Multiple intellegences
- Agar mahasiswa mengetahui metode untuk meningkatkan kecerdasan majemuk
- Agar mahasiswa mengetahui manfaat menerapkan Multiple Intellegences
C . Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam makalah ini adalah:
- Apa yang dimaksud Multiple Intellegences?
- Apa saja teori yang berkaitan dengan Multiple Intellegences?
- Apa saja metode yang dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan majemuk?
- Apa manfaat menerapkan Multiple Intellegences?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Multiple Intellegences
Kecerdasan (inteligensi) secara umum didefinisikan pada 2 bagian yakni :pertama kecerdasan sebagai suatu kemampuan untuk memahami informasi yang membentuk pengetahuan dan kesadaran, kedua sebagai kemampuan untuk memproses informasi sehingga masalah-masalah yang kita hadapi dapat dipecahkan (problem solved) dan dengan demikian pengetahuan bertambah. Jadi mudah dipahami bahwa kecerdasan adalah pemandu bagi kita untuk mencapai sasaran-sasaran kita secara efektif dan efisien. Dengan kata lain, orang yang lebih cerdas, akan mampu memilih strategi pencapaian sasaran yang lebih baik dari orang yang kurang cerdas. Artinya orang yang cerdas mestinya lebih sukses dari orang yang kurang cerdas.
Kecerdasan manusia itu majemuk, multiple, dan setiap individu dapat memiliki lebih dari satu kecerdasan, dari antaranya ada yang sangat menonjol, dan setiap kecerdasannya ini dapat bekerja bersama-sama pada satu momen, tapi dapat juga bekerja sendiri-sendiri dengan otonom.
[KODE MAKALAH 49]
PASSWORD MAKALAH
Tag :
Makalah Psikologi
0 Komentar untuk "MAKALAH PSIKOLOGI | MULTIPLE INTELLIGENCES"
Terima kasih Anda sudah berpartisipasi dan meninggalkan komentarnya pada www.makalah-kita.blogspot.com. Kami sangat menghargai komentar anda. Silahkan kunjungi kembali http://www.makalah-kita.blogspot.com baca posting terbaru kami selanjutnya.
Hormat Saya,
yudhie