Oleh
Yudhie
Rabu, 11 Mei 2016
Bagikan :
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam proses perkembangan pemikiran pendidikan di dunia Barat, kegiatan berkembang dari konsep paedagogi, andragogi dan education. Dalam konsep paedagogi, kegiatan pendidikan ditujukan hanya kepada anak yang belum dewasa (paeda artinya anak). Tujuannya mendewasakan anak. Namun karena banyak hasil didikan yang justru menggambarkan perilaku yang tidak dewasa, maka sebagai antithesis dari kenyataan itu, muncullah gerakan andragogi (kata dasar andro artinya laki-laki yang rupanya seperti perempuan). Selanjutnya gerakan modern memunculkan konsep education yang berfungsi ganda, yakni “transfer of knowledge” disatu sisi dengan “making scientific attitude” pada sisi yang lain.
Kaidah-kaidah tersebut menunjukkan bahwa dalam proses pendidikan ada pendidik yang berfungsi sebagai pelatih, pengembang, pemberi atau pewaris. Kemudian terdapat bahan yang dilatihkan, dikembangkan, diberikan dan diwariskan yakni pengetahuan, keterampilan, berpikir, karakter yang berupa bahan ajar, serta ada murid yang menerima latihan:, pengembangan, pemberian dan pewarisan pengetahuan, keterampilan, pikiran dan karakter.
Perbuatan mendidik dan dididik memuat faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi dan menentukan, diantaranya: faktor tujuan, faktor pendidik, faktor anak didik, faktor alat pendidikan, dan faktor lingkungan.
B. Rumusan Masalah
Guna menghindari meluasnya pembahasan makalah, maka kami membatasi bahasan-bahasan yaitu bagaimana faktor-faktor pendidikan islam ?
C. Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu untuk lebih memahami mengenai faktor-faktor Pendidikan islam.
BAB II
PEMBAHASAN
Menurut Sutari Imam Barnadib, bahwa perbuatan mendidik dan dididik memuat faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi dan menentukan, yaitu :
- Adanya tujuan yang hendak dicapai.
- Adanya subjek manusia (pendidik dan anak didik) yang melakukan pendidikan.
- Yang hidup bersama dalam lingkungan hidup tertentu (milieu).
- Yang menggunakan alat-alat tertentu untuk mencapai tujuan.[1][1]
Adanya faktor yang satu dengan faktor yang lainnya, tidak bisa dipisahkan, karena kesemuanya saling mempengaruhi.
[KODE MAKALAH 53]
PASSWORD MAKALAH
Tag :
Makalah Agama,
Makalah Pendidikan
0 Komentar untuk "Makalah Pendidikan Islam Tantang Faktor Pendidik"
Terima kasih Anda sudah berpartisipasi dan meninggalkan komentarnya pada www.makalah-kita.blogspot.com. Kami sangat menghargai komentar anda. Silahkan kunjungi kembali http://www.makalah-kita.blogspot.com baca posting terbaru kami selanjutnya.
Hormat Saya,
yudhie